Jumat, 16 Desember 2011

RESUME LANDASAN FILOSIFIS PENDIDIKAN

RESUME LANDASAN FILOSIFIS PENDIDIKAN


Pendidikan merupakan sebuah lembaga yang selalu di jadikan sebagai tumpuan untuk mempersiapkan generasi masa depan yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi dunia gelobalisasi.
Manifestasi dari pendidikan adalah merupakan sistem yang bersifat Flesibilitas artinya pendidikan tidak hanya berorientasi pada satu kajian saja,Yang menyababkan sudut pandangnya pun mengandung seni nilai saja,Misalnya nilai pragmatif,Bukti dari Fleksibilitas tersebut ialah pendidikan berlandaskan kepada berbagai system diantaranya landasan Filosofi.
1.Pengertian Filsafat atau Filosofi
Filosofi atau Filsafat yaitu berasal dari bahasa Yunani yaitu Philoshopia yaitu Philo yang berarti cinta dalam arti yang luas,yaitu ingin dan karena itu kita harus berusaha untuk mencapai yang di inginkan itu.
Shopia artinya kebijakan dalam arti pandai,Pengertian yang mendalam berdasarkan kutipan diatas dapat di ketahui bahwa dari segi bahasa Filsafat ialah keinginan yang mendalam intuk menjadi bijak.Adapun pengertian Filsafat dari segi istilah,sangat beragam sekali,saking banyaknya defenisi tersebut,Sidi Gazaliba (1992) Menyimpulkan bahwa kita dapat berfilsafat tentang pengertian Filsafat.
2.Fungsi Filsafat
Fungsi Filsafat Secara umum yaitu:
a.Sebagai sarana pengujian penalaran secara ilmiah,Sehingga orang menjadi kritis terhadap kegiatan Ilmiahnya.
Sebagai suatu usaha untuk merefleksi,menguji,dan mengkritik asumsi dan metode-metode ke ilmuan
Memberikan basic yang logis terhadap metode keilmuan.
Adapun Fungsi Filsafat menurut Noeng Muhajir (2001) adalah memberikan landasan,Filhosofi untuk memahami bebagai di siplin ilmu,Samapai membekalkan kemampuan untuk membangun teori ilmiah.

3.Objek Filsafat
Adapun Objek filsafat ada dua macam yaitu:
Objek materia filsafat ialah suatu yang ada dan yang mungkin ada,Yang pada garis besarnya dapat dibagi atas tiga persoalan Pokok yaitu:Hakikat Tuhan,hakikat alam,dan hakiakat manusia.
Objek Forma Filsafat ialah usaha mencari keterangan secara radikal (Sedalam-dalamnya sampai ke akarnya/tentang objek materi Filsafat).
4.Hubungan Pendidikan Filsafat
Filsafat dengan pendidikan memiliki hubungan sangat erat hubungan itu bisa terlihat dari:
Filsafat di jadikan oleh para pakar pendidikan sebagai bahan atau media (Intrument) analisis;
Filsafat juga berfungsi memberikan arah dan tujuan agar teori pendidikan yang telah dikembangkan oleh para ahlinya;
Filsafat pendidikan berfungsi untuk memberikan petunjuk (guide) dan arah dalam pengemabangan teori-teori pendidikan menjadi ilmu atau paedagogik sedangkan filosofis pendidikan di Indonesia adalah landasan idealisme,realisme,pragmatisme,perenialisme dan Pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar